Webinar Penguatan Alumni, Mitra, dan Stakeholders Prodi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY

Prodi Pendidikan Bahasa Prancis adakan Webinar Penguatan Alumni, Mitra, dan Stakeholders dalam rangka Dies Natalis ke-58 FBS UNY, Senin (19/ 04). Acara berlangsung dari pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Webinar kali ini dihadiri oleh 183 peserta dari alumni lintas angkatan dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis. Hadir di dalam kegiatan ini Bapak Tribowo S. Nuswa selaku narasumber dari Praktisi Pariwisata/ stakeholder East Nice Tour & Travel Jogja dan Ibu Titin Harwiyandani sebagai Alumni/ Praktisi Pendidikan Ecole Française de Jakarta.

 

Sesi pertama diisi oleh Bapak Tribowo. Topik yang dijabarkan yakni terkait peluang bagi para lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Prancis di dunia Pariwisata. Berdasarkan data, tingkat favorit Indonesia dimata Perancis adalah  no. 2 setelah Bahama, disusul Afsel, Peru dan Myanmar sehingga hal ini menjadi peluang besar bagi lulusan Prodi Pendidikan Prancis untuk bekerja di sektor tersebut.

 

Dilanjutkan di sesi kedua oleh Ibu Titin terkait dunia kerja untuk lulusan prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Menurut beliau, setelah lulus kita membutuhkan keterampilan khusus di dunia kerja. Kita harus meningkatkan koneksi, keahlian khusus selain Bahasa Prancis, dan harus memiliki akademik yang bagus. Lulusan jurusan BahasaPrancis tidak hanya bisa menjadi pengajar, melainkan bisa menjadi apa saja seperti bekerja di departemen luar negeri, media, EO internasional, penerjemah, staf penerbangan Prancis, bahkan menjadi wiraswasta.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan narasumber. Banyak peserta alumni yang antusias dalam membahas dunia kerja dan pengalaman mereka ketika bisa berbicara bahasa Prancis. Dengan Bahasa Prancis, peluang untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih tinggi karena tidak semua orang bisa berbahasa Prancis.

 

Webinar ini juga ditujukan untuk pembentukan kepengurusan alumni. Pembentukan jaringan alumni diawali dengan membuat grup WA alumni per angkatan. Kemudian per angkatan membentuk kepengurusan masing-masing. Pengurus dari masing-masing angkatan akan menjadi perwakilan dalam kepengurusan ikatan alumni Prodi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY. Melalui kegiatan ini diharapkan ikatan alumni prodi akan semakin kuat dalam membangun jaringan. (Desi R)