DEBAT KANDIDAT KETUA HIPER PERIODE 2019

Pada tanggal 12 Desember 2018 telah dilaksanakan Debat Kandidat Ketua Himpunan Mahasiswa Prancis (Hiper) Periode 2019, yang diselenggarakan di ruang Seminar PLA FBS lantai 3. Debat Kandidat ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Himpunan Mahasiswa Prancis (KPU HIPER) 2018, dengan 2 kandidat yaitu:

Catur Priyo Putranto sebagai Kandidat nomor urut 1 yang membawakan Visi Terwujudnya HIPER yang sebagai organisasi yang kontributid serta menjunjung tinggi profesionalitas, kekeluargaan dan moralitas, serta didukung dengan 3 Misi yaitu:

  1. Menampung semua aspirasi dari seluruh masyarakat Pendidikan Bahasa Prancis.
  2. Mengembangkan potensi mahasiswa melalui kegiatan yang kreatif dan berpotensi mengembangkan cara pikir mahasiswa untuk bekerjasama.
  3. Meningkatkan dan menjaga relasi baik di dalam dan di luar kampus.

Anisa Alifia Roshida sebagai Kandidat nomor urut 2 dengan Visi Mewujudkan HIPER yang aktif, ramah, kritis dan kekeluargaan, dan didukung dengan beberapa Misi yaitu:

  1. Mewujudkan HIPER yang berintegrasi.
  2. Mengembangkan HIPER yang aktif dan kritis dalam dunia kemahasiswaan.
  3. Mewujudkan dan mengembangkan seluruh komponen HIPER untuk bergerak satu tujuan.

Debat tersebut berlangsung dengan 3 sesi, sesi 1 merupakan penyampaian Visi dan Misi masing masing Kandidat dilanjutkan sesi 2 yaitu pertanyaan dari 3 orang panelis yang memiliki bidang tertentu yaitu Nuning Catur Sri Wilujeng, S.Pd, M.A. yang mengkritisi bagian akademik kedua kandidat, panelis yang ke dua adalah Asyikurrohman yang mengkritisi bidang keorganisasian dan yang terahir I Gde Galang Budyasmanusa yang mengkritisi bidang Kepemimpinan, hadirnya 3 panelis ini agar visi dan misi dari calon lebih bisa tersampaikan kepada mahasiswa. Kemudian dilanjutkan pertanyaan dari audience yang masih ingin mengetahui lebih dalam visi dan misi kandidat.

Dengan diselenggarakanya kegiatan ini diharapkan mahaiswa lebih selektif dalam memilih kandidat yang mereka dukung dengan memahami visi dan misi masing masing kandidat dan tidak salah pilih dalam pemilihan ketua himpunan mahasiswa prancis periode 2019.

(Asyikurrohman, Pendidikan Bahasa Prancis 2014)