Kompetensi Lulusan

 

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis menjadi Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis yang berkarakter mandiri, bertanggung jawab, kritis, kreatif, dan inovatif yang memiliki kompetensi mengajar bahasa Prancis; berkomunikasi secara lisan maupun tulis dalam bahasa Prancis; menerjemahkan teks bahasa Prancis ke dalam teks bahasa Indonesia; mengembangkan kemampuan memandu wisatawan yang berbahasa Prancis; meneliti bahasa dan sastra Prancis, serta pengajarannya; merancang program dan mengelola manajemen persekolahan; dan bidang lain yang relevan.

Capaian Belajar

No.

Parameter

Capaian Belajar

1.

Sikap

 a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
 b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
 c. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
 d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
 e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
 f. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
 g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
 h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
 i. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
 j. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
 k. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

2.

Penguasaan Pengetahuan

  1. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum berbahasa Prancis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Prancis untuk tujuan tertentu dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. menguasai konsep teoritis tentang pendidikan dan pengajaran bahasa Prancis
  4. menguasai konsep teoritis tentang bahasa dan sastra Prancis;
  5. menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  6. menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi yang berhubungan dengan bahasa Prancis

3.

Keterampilan Khusus

  1. mahir berbahasa Prancis secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. mahir berbahasa Prancis di bidang kepariwisataan;
  3. mahir berbahasa Prancis untuk keperluan penerjemahan;
  4. mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran Bahasa Prancis;
  5. mampu melakukan penelitian dalam bidang bahasa Prancis dan pembelajarannya;
  6. mampu melakukan pengkajian terhadap teori, konsep, pendekatan dan memecahkan dalam pembelajaran Bahasa Prancis
  7. mampu mengkaji dan mengimplementasikan kurikulum pendidikan Bahasa Prancis.

4.

Keterampilan Umum

  1. mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang bahasa Prancis dan pengajarannya  
  2. mengembangkan kemampuan berinisiatif dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi dan data;
  3. mengembangkan kemampuan berkreasi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pendidikan
  4. meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  5. mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega atau sejawat di dalam lembaga dan komunitas lintas disiplin.